Sabtu, 28 Januari 2012

FILATELI MENDUNIA

PT Pos Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) mendapat dukungan penuh pemerintah Indonesia untuk menggelar Pameran Filateli Dunia (World Stamp Championship) yang akan berlangsung pada 18 hingga 24 Juni 2012 di Jakarta Convetion Center (JCC) Jakarta.
Event tahunan yang diikuti para penggemar filateli seluruh dunia ini merupakan hajatan yang bergengsi bagi Indonesia.
Ketua PFI Letjen (purn) R Soeyono mengatakan, berbagai persiapan yang telah dilakukan panitia diantaranya menyiapkan 2.500 panel sebagai salah satu syarat minimal untuk menggelar pameran berskala dunia. Panel disiapkan untuk memasang benda filateli yang nantinya akan di pamerkan.
“Sampai dengan hari ini yang sudah mendaftar untuk menggunakan panel sebanyak 3.050, ini berarti melebih target minimal,” ujar R Soeyono.
Selain itu, pameran yang yang juga merupakan ajang kompetisi para filatelis dari seluruh dunia ini diproyeksikan akan diikuti oleh lebih dari 70 Federasi Filateli Dunia dari 5 benua di antaranya, Asia Pasifik yang menghadirkan 22 negara, Eropa yang mengirimkan 29 negara, Amerika dengan 11 negara dan Afrika yang mengirimkan 3 negara.
“Sampai dengan saat ini sudah 65 Federasi yang sudah menyatakan keikutsertaaannya, kita masih menunggu 5 federasi lagi” kata R Soeyono.
Tahun ini pameran Filateli dunia hanya di gelar di Indonesia, sementara pada tahun 2013 pameran akan berlangsung di Spanyol, Brazil, Bangkok dan Australia.
“Pameran selama 5 hari diproyeksikan akan mendatangkan sekitar 2ribu wisatawan dari manca negara, Indonesia satu-satunya negara yang akan menjadi perburuan penggemar filateli,” jelasnya.
Sementara itu, Senior Manager Produk Jasa Keuangan Divre IV PT Pos Indonesia, Aan Anwar menambahkan, event dunia ini selain untuk meningkatkan persahabatan antara filatelis dunia sekaligus juga untuk memperingati lahirnya Pancasila dan menyongsong HUT Proklamasi yang ke 67.
“Pada bulan Juni juga sekaligus untuk merayakan HUT Kota Jakarta ke-485,” ujar Aan, yang Kepala Wilayah kerja Divisi Regional IV Pos Indonesia meliputi Jabodetabek dan Banten.
Menurut catatan panitia penyelenggara, hingga saat ini jumlah koleksi yang masuk terdiri dari 3.040 frame dari 11 kelas yang di pertandingkan dan 75 kelas literature, selain koleksi yang dipertandingkan, pameran akan diikuti oleh 180 stand yang terdiri dari delapan puluh stand pedagang prangko dari dalam dan luar negeri serta administrasi pos dari berbagai negara.
“Seratus stand pendukung lainnya dari mitra binaan Pos maupun komunitas lainnya,” tutur Aan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar