Senin, 09 Januari 2012

Cerita Menarik Di Balik Lagu dan Penyanyinya

ahukah anda bahwa lagu ‘Hotel California’ dari kelompok Eagles pernah di cekal di stasiun radio di sejumlah negara karena lagu ini dianggap sebagai pembenaran pada tindak kekerasan?
Tahukah anda bahwa ada bagian dari lirik ‘Stairway to Heaven’ yang konon jika diputar secara terbalik akan terdengar pesan yang memuja setan?
Tahukah anda bahwa Paul McCartney pernah ribut dengan istri mendiang John Lennon, Yoko Ono, karena ia menuntut namanya ditulis lebih dulu baru disusul nama John Lennon sebagai pencipta lagu?
Tahukah anda bahwa kelompok Bee Gees lah yang pertama kali mempopulerkan teknik bernyanyi falsetto lewat lagunya ‘Stayin Alive’?
Tahukah bahwa anda tidak perlu jadi seorang pakar musik untuk tahu semua cerita-cerita menarik di balik sebuah lagu dan penyanyinya itu?
Memang cerita-cerita di balik sebuah lagu dan penyanyinya selalu menarik untuk diudarakan menemani pemutaran lagu tersebut. Masalahnya, darimana anda bisa mendapatkan cerita-cerita menarik ini? Dari cover kaset atau CD? Tidak semua penyanyi punya kesadaran untuk mencantumkan cerita menarik di balik lagu mereka pada cover kaset atau CD kecuali hanya data penulis lagu dan tahun lagu itu di produksi. Dari majalah atau buku-bukui musik? Ya ini salah satu alternatif yang bagus. Music Director di radio tempat saya bekerja dulu di Jakarta, selalu rajin berburu majalah-majalah musik terbitan luar negeri, khususnya majalah Rolling Stones dan Billboard dari pedagang-pedang buku loak. Tak jarang ia pun menemukan banyak buku-buku bagus tentang musik. Maklum membeli yang baru harganya pasti mahal. Ia pun rajin menerjemahkan dan menulis naskah singkat yang berisi cerita menarik tentang sebuah lagu atau kelompok musik untuk kemudian dapat dipergunakan oleh penyiar yang bertugas sebagai materi siaran mereka.
Tapi dijaman serba internet sekarang ini rasanya tak susah untuk mencari informasi yang dimaksud. Bahkan ada satu situs internet yang secara khusus mengumpulkan cerita-cerita tentang sebuah lagu. Alamatnya ada di www.songfacts.com. Anda tinggal masuk ke sana, ketikkan nama lagu yang anda ingin cari dan… simsalabim! muncullah cerita-cerita singkat tentang lagu tersebut. Selanjutnya tinggal terjemahkan dan kemudian jadikan naskah siaran anda, baik untuk sekedar dibacakan sebagai pengantar memutar sebuah lagu atau untuk kuis di acara anda. Hal yang sama juga bisa anda dapatkan jika anda mengakses ke www.artistfacts.com. Bedanya, situs ini khusus memajang cerita tentang penyanyi atau grup musik tertentu.
Di kedua situs itu anda juga dapat mendaftarkan diri dengan mengklik icon Register. Manfaatnya, anda dapat meminta cerita tentang lagu atau penyanyi yang tidak atau belum tercantum dalam situs itu. Anda juga dapat menyumbangkan informasi yang anda miliki ke situs tersebut, dan mereka akan mengakui nama anda sebagai penulis.
Sayangnya… semua data yang tersedia di kedua situs itu melulu tentang lagu-lagu ‘bule’ dan belum memuat lagu anak negeri sendiri. Toh rasanya ini bukan masalah karena radio di Indonesia masih banyak yang memutar lagu barat ketimbang lagu negeri sendiri.

Idealnya, situs ini harus bisa memberi ide kepada anda untuk memulai mendata cerita menarik di balik lagu dan artis-artis Indonesia. Bisa diambil dari majalah, tabloid, koran atau berdasarkan wawancara langsung dengan sang artis. Tidak usah terlalu ngotot. Cukup satu atau dua cerita dalam sehari, syukur kalau bisa lebih. Berani taruhan, beberapa tahun kemudian data yang anda kumpulkan akan menjadi sangat berharga dan akan dicari semua orang. Coba deh..! Kenapa tidak!? [JaF]
* Ulasan situs: www.songfacts.com dan www.artistfacts.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar